Selasa, 16 Februari 2016

Sambung Pucuk



Tidak hanya sandal jepit yang dapat disambung
Mungkin kita sering melihat hal seperti itu, bahkan dalam hal sambung menyambung selalu dikaitkan dengan percintaan.  Waduh parah ya ……
Eitz… jangan bilang tanaman tidak bisa disambung, loh!
Bukan pohon pas ditebang langsung disambung pakai lem yang terbuat dari nasi … (kapan nyambungnya brow?)…
Urusan sambung menyambung sering dilakukan oleh ahli agronomi atau para Mantri Pertanian (istilah kerennya). Namun, pada era modern ini ibu-ibu rumah tangga juga jago loh dalam nyambung-menyambung, bahkan menyambung tali silaturahmi juga bisa. Hehehhehe ….
Oke lanjut ….
Sambung Pucuk yaitu sebuah teknik penyambungan batang bawah pohon dengan batang atas pohon (jangan berpikir ngeres), agar menghasilkan suatu jenis pohon yang bisa menghasilkan buah baik, berkualitaS, bahkan buah luar negeri yang kalian beli jauh kalaahhh enak.
Namun, sambung pucuk juga memerlukan teknik khusus agar bisa tumbuh dengan baik dan hasilnya membuat kita selalu tersenyum (Jangan senyum-senyum sendiri ntar dikira gila).
Oke lanjut…
Ketika pohon dilakukan sambung pucuk, maka akan berbuah dalam jangka waktu sekitar 2 tahun. Amazingkan? Bijinya saja memerlukan 5 tahun lebih agar bisa berbuah, ini cumin 2 tahun, loh! Bagaimana sampai sini tertarik untuk melakukan sambung pucuk? Ataukah anda masih ragu-ragu?
Sambung pucuk itu sangat gampang, anda cumin memerlukan pisau dan tali plastic (Rapia bahasa kerennya) untuk mengikat pohon atas dan bawah agar bisa menyatu. Seperti halnya cinta kalau ada ikatan pasti menyatu… hehehhe
Batang bawah di cogek / dibelah menyerupai hururf “M” dan batang atas “V”, panjang kira-kira 3 cm. kalau gak tau coba pakai meteran saja.
Setelah selesai dibelah, lalu masukan batang pohon atas ke batang pohon bawah lalu satukan dengan tali plastic agar menyatu dan dapat tumbuh.
Kenapa diikat dengan tali plastic dari bawah?
Karena supaya mengurangi penguapan dan  air tidak masuk ke dalam jaringan cambium yang terbuka, untuk itu membungkusnya dilakukan dari bawah ke atas, bukan dari atas ke bawah.
Setelah penyambungan selesai, biarkanlah selama kurang lebih 2 minggu supaya sel-sel dalam pohon tersebut menyatu.
Setelah dua minggu lepaskan tali plastic tersebut dan biarkan selama 6 bulan, selanjutnya bisa anda tanam dilapangan.
Selamat bertani
Karena bertani itu seru, dan membuat kita tidak takut kotor lagi.
Nb; bila anda menggunakan pohon untuk sambung pucuk juga bisa, dan pohon yang belum ditanam ke tanah juga bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar